Cerita kereta api hantu atau lokomotif angker ternyata bukan isapan jempol dan memang ada di dunia nyata.
Aneh, percaya nggak kalian? bahwa ada juga lokomotif angker di Indonesia.
Lokomotif tersebut adalah CC2018307 yang sebelumnya CC20145.
Lokomotif Bader: Si Kereta Api Misterius
Lokomotif CC201 45, yang lebih dikenal sebagai "Bader", adalah salah satu lokomotif paling terkenal di Indonesia karena kisah mistis yang melekat padanya. Lokomotif ini sering mengalami kejadian aneh, mulai dari gangguan teknis yang tiba-tiba hingga penampakan misterius.
Mengapa Disebut Bader?
Julukan "Bader" diberikan karena seringnya lokomotif ini mengalami masalah teknis yang tidak bisa dijelaskan secara logis. Beberapa kru kereta api bahkan percaya bahwa lokomotif ini memiliki "kehidupan" sendiri.
Lokomotif ini sering mengalami kecelakaan atau kerusakan saat dioperasikan, padahal saat dicek lokomotif ini dinilai sudah laik jalan. Pernah suatu ketika lokomotif itu menarik rangkaian Bima dan tiba-tiba terjadi tabrakan.
Setelah diperbaiki, ia kembali bekerja menarik rangkaian Bima, tapi kembali lagi mengalami tabrakan. Si Bader pun kembali ke Balai Yasa Pengok, Jogja. Setelah selesai diperbaiki, lokomotif ini digunakan untuk menarik rangkaian kelas usaha dagang/jasa saja yaitu Jayabaya. Tetapi CC201 45 sekali lagi mengalami tabrakan.
Frekuensi tabrakan sesama kereta atau dengan kendaraan bermotor yang dialami CC201 45 cukup sering. Padahal setelah diperbaiki di Balai Yasa Jogja, lokomotif si Bader ini telah melalui serangkaian tes dan diperiksa kelengkapannya. Lokomotif ini pun pernah menghantam dinding beton pembatas jalur tes di Balai Yasa Pengok Jogja dan harus kembali diperbaiki.
Teknisi Balai Yasa kala itu pun merasa perlu memanggil tenaga pakar yang didatangkan dari General Electric Transportation Amerika Serikat. Saat memeriksa CC201 45 itu, tenaga pakar GE menilai lokomotif ini sudah bermasalah karena banyak terjadi kecelakaan kerja.
Pada akhirnya para teknisi GE AS itu memutuskan memperbaiki lokomotif CC201 45 itu secara materiil. Lokomotif berjuluk Si Bader itu pun juga diruwat untuk diperbaiki secara spiritual.
Caranya dengan mengadakan selamatan dan memasang sepasang tapal kuda di kedua ujung bemper CC201 45. Lalu Si Bader juga diberi beberapa gram emas untuk disepuh di bidang samping bawah lok dengan lapisan krom sehingga terlihat mengkilat.
Uniknya, setelah ritual ini lokomotif CC201 45 tidak pernah mengalami kecelakaan lagi. Ruwatan yang diterapkan oleh teknisi Balai Yasa sukses menghilangkan nasib sial lokomotif ini.



Tidak ada komentar:
Posting Komentar